Senin, 15 Maret 2010

Sekdes PNS Bakal Bentuk Forum

Ide cemerlang timbul dari sekretaris desa (sekdes) berstatus PNS di Kecamatan Betung. Mereka berencana membentuk suatu forum yang anggotanya berisikan para sekdes yang kini sudah menjadi pegawai negeri.
Ide tersebut tertuang ketika para sekdes ini secara tidak sengaja berkumpul di Kantor Camat Betung, mereka berinisiatif untuk membentuk forum sebagai wadah pembangunan diseluruh desa di Kecamatan Betung.
Sekdes Tanjung Laut Suharman kepada Harian Banyuasin, bahwa rencana membentuk forum ini sudah lama tercetus, namun belum dibicarakan lebih lanjut karena kesibukan para sekdes sendiri.
”Lalu, secara kebetulan kami berkumpul di kantor camat dan saling membicarakan kemajuan desa dan rencana pembangunan kedepan, dan secara tidak sengaja juga banyak sekdes dari desa lain yang memberikan ide, lalu kami berpikir kenapa tidak disatukan saja semua ide ini didalam suatu forum,” ujar Suharman, kemarin.
Kebetulan, semua sekdes saat itu juga setuju, dan sepakat untuk membentuk forum. Namun, pembentukannya sendiri masih menunggu kesepakatan antara sekdes di desa lain.
”Kita juga akan membicarakan dengan sekdes didesa lainnya, yang jelas saat ini ada 5 sekdes yang sudah setuju, yakni Lubuk Lancang, Durian Daun, Lubuk Karet, Tanjung Laut dan Sri Kembang. Sekdes lainnya sedang kita lobi untuk mewujudkan forum sekdes ini nantinya,” tambah Suharman.
Sementara, Sekdes Lubuk karet Abdul Manaf menegaskan, bahwa rencana pembentukan forum ini murni untuk mendorong pembangunan dan saling berbagi info dan triks untuk menyukseskan pembangunan, bukan sebagai media politik.
”Kita juga menegaskan status sebagai PNS sebagai pejabat yang netral, jadi tidak ada unsur politis dari pembentukan forum ini nantinya, murni untuk saling berbagi dan sharing saja,” tambah Manaf.
Kemudian, forum ini juga bukan sebagai ajang persaingan kepada forum kades yang sudah lama terbentuk. ”Karena, kades dan sekdes adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, yakni suatu susunan yang bertugas memberikan pelayanan kepada publik, itu tujuan utamanya,” beber Manaf. (fan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar